Sabtu, 24 November 2012

Didiklah Anak Kita Dengan Cinta

Sahabat KafeeCinta setelah sebelumnya kami telah memposting artikel tentang "Perawatan Kesehatan Anak Balita", mungkin ada baiknya kita bahas masalah "Cara Mendidik Anak Kita".

Sebagai manusia biasa, wajar bila orang tua, baik itu ayah atau ibu, kerap hilang kesabaran saat putra-putri kita melakukan kesalahan. Apalagi bila melanggar larangan kita. Karena memarahi anak memang cara paling mudah dalam pendidikan anak agar merasa takut pada orang tua dan berhenti berbuat kenakalan.

Kadang-kadang masih ditambah hukuman yang kita rasa akan membuat mereka jera melakukan sesuatu yang sudah kita larang. Saat kedua hal ini kita terapkan, anak-anak memang akan tampak penurut dan berperilaku sesuai keinginan kita. Namun di luar lingkungan rumah anak-anak dapat berlaku semaunya karena merasa bebas dari amarah dan hukuman orang tua.

Pendidikan anak dimulai dari rumah. Anak-anak belajar bersikap dan bertingkah laku dari apa yang biasa dilihatnya, terutama dari lingkungan keluarga, maka dari itu didiklah anak dengan cinta. Anak yang dibesarkan oleh orang tua yang sering memaharinya akan belajar kalau ia menginginkan sesuatu ia juga perlu memarahi orang lain. Anak yang terlalu dimanja saat masih kecil ketika dewasa akan belajar kalau ia tidak perlu berusaha untuk mendapatkan yang inginkan dan mudah menyerah.

Karena anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar sementara logikanya belum berkembang sempurna, maka wajar saja bila mereka melakukan banyak kesalahan. Kita sebagai orang tua yang mesti memahami cara paling sesuai dalam mendidik anak. Jangan mendidik anak dengan kekerasan, tapi didiklah anak dengan rasa cinta. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menerapkan pendidikan anak dengan rasa cinta, yaitu:

1. Ajari anak artinya tanggung jawab.

Mulai dari kegiatan bermain yang jadi keseharian anak-anak. Biasakan putra atau putri Anda untuk bertanggung jawab pada mainan mereka, seperti harus membereskan mainan setelah selesai bermain. Lebih baik lagi kalau Anda bisa membuat aktivitas beres-beres mainan ini menjadi kegiatan yang menyenangkan, misalnya melakukannya sambil bernyanyi.

2. Ikut bermain bersama anak.

Anak yang sehat pada umumnya senang memiliki banyak teman bermain, apalagi jika teman bermainnya adalah orang-orang yang disayanginya seperti orang tua, kakak atau adiknya. Anak juga tidak akan mudah bosan dengan jenis permainan yang sama selama Anda antusias bermain bersama mereka.

Menididik anak dengan cinta semasa ia masih kecil dan penuh kesabaran dari ayah dan ibu akan menghasilkan pribadi dewasa yang bertanggung jawab dan disenangi orang-orang di sekitarnya.

Meski saat anak masih kecil Anda dituntut untuk lebih sabar dan pengertian. Sementara bila orang tua memilih cara mudah dalam hal pendidikan anak di usia dini, putra-putri kita akan tumbuh remaja dan dewasa yang suka memberontak, bersikap kasar dan sulit diajak berkomunikasi.

Lebih baik kita sebagai orang tua bersusah-susah dahulu ketika membesarkan si kecil agar nanti bahagia melihat anak tumbuh menjadi remaja lalu dewasa yang terbuka dan mencintai orang tuanya.


Sumber : http://www.untukku.com/artikel-untukku/pendidikan-anak-didiklah-dengan-cinta-untukku.html

7 komentar:

Mantap nih memang harus gitu, mendidik anak dengan cinta ....

perlakukanlah anak dengan baik, bila ingin menjadi apa yang kita harapkan.

bener bgt. didiklah dengan cinta agar anak ga frustasi.....

Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada AKY SAKLAT yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami.berkat Bantuan Beliau saya sekarang sudah hidup tenang.dan tidak di kejar kejar hutang lagi Sprti dulu.Kami tlah di berikan Angka Ghoib hasil Ritual yg sangat jitu’4D'(3398) Benar Benar tembus 100%.Saya berhasil memenangkan 97jta.ini adalah benar2 kisah nyata dari saya..Untuk anda yang mengalami kesulitan masalah ke uangan.Silahkan anda Hubungi Langsung AKI,SAKLAT di nomor(_0_8_5_2_9_8_4_5_2_5_4_7_)Silahkan anda buktikan sendiri jika anda ingin mengubah nasib Anda seperti saya.Thankz.Roomx Shobath ★

didik anak dengan cinta agar mereka bisa balas nya dgan cinta juga pas kita sudah tua

Posting Komentar

kalo emang blog nie cakep bilang aja cakep kalo jelek bilang jelek

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More